Wednesday, December 15, 2010

Let’s Join to CCAC IIUM!!!






Garden of knowledge and virtue adalah motto kampus tempat saya belajar saat ini. IIUM, International Islamic University Malaysia adalah salah satu kampus Islam skala internasional yang didirikan oleh OKI diatas tanah wakaf kerajaan Malaysia dan hingga saat ini biaya operasional pendidikan mendapatkan subsidi dari kerajaan. Salah satu bagian yang unik di kampus biru ini adalah nuansa religius yang bisa dirasakan di setiap tempat, meski belum bisa dikatakan kampus yang Islami 100 %. Memang tidak mudah untuk menjaga ruh Islamiyah para mahasiswa di tengah tantangan global dewasa ini. Oleh karena itu, sejak didirikan, IIUM memiliki lembaga yang concern untuk meningkatkan spiritual dan meningkatkan keseimbangan intelektual mahasiswa. Lembaga tersebut dinamakan CCAC (Co-curricular Activity Centre) yang memiliki motto garden of nur and yakin. Di bawah koordinasi CCAC terdapat banyak kegiatan skill seperti wataniah/pramuka, tahfiz, debat (arab, English dan Malay), leadership dan management, family dan parenting, entrepreneurship, tae kwon do, gamelan, ketrampilan memasak dan menjahit, non Muslim package, study circle/halaqah, hookey, public speaking dan fardhu a’in.


Dari sekian paket program, yang pertama wajib diikuti oleh setiap mahasiswa S1 adalah study circle atau halaqah. Ada tiga halaqah yang harus mereka ikuti, yaitu halaqah fardhu ‘ain, halaqah 1 dan 2 yang selalu diujikan setiap akhir semester. Halaqah diadakan setiap seminggu sekali, selama 2 jam yang difasilitatori oleh para naqib/ah dengan mengacu pada kurikulum CCAC. Setiap halaqah berisi 15 mahasiswa dari jurusan yang berbeda, bercampur antara mahasisma local maupun foreigner tetapi terpisah antara putra dan putri. Halaqah ini biasanya diikuti oleh mahasiswa S1 semester tingkat satu hingga tiga. Setelah halaqah selesai, maka mahasiswa baru diperbolehkan untuk bergabung dalam skill yang lain, seperti debat, tahfiz, berenang, ketampilan memasak, dan lainnya.


Menjadi naqibah merupakan pengalaman yang sangat berharga. Berniat untuk ikut berkontribusi dalam menegakkan nilai-nilai Islam di lingkungan IIUM sekaligus menjadi ajang untuk sharing knowledge, maka saya mendaftar di CCAC sebagai naqibah. Setelah lulus seleksi administrative dan interview saya mulai bertugas menjadi fasilitator dengan mengikuti traning nuqaba terlebih dahulu, yang dilakukan selama 3 hari. Tugas menghandle halaqah awalnya memang cukup berat, saya harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan terlebih dahulu, dan sedikit kurang PD karena berhadapan dengan mahasiswa dari Negara lain. Tapi semakin lama semakin bersyukur, karena dari halaqah kita dapat sharing ilmu maupun problematika umat Islam dari Negara-negara yang berbeda, sekaligus mengasah ketrampilan dalam bahasa English.
Begitu pentingnya peran seorang naqib/ah dalam meningkatkan imunitas mahasiswa IIUM dari serangan budaya, trend yang semakin menjauhkan dari Islam. Mari kawan, bagi yang belum bergabung sebagai naqib/ah segeralah mendaftar dan ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pembentukan moral generasi muda. bagi kawan-kawan yang telah bergabung sebagai naqib/ah mari saling mendoakan semoga tetap istiqomah dan semoga Allah memberikan kemudahan bagi kita semua..aamiin.
By Yuni Yulia Farikha

4 comments:

  1. subhanallah K, pergi ke mana itu??? insyaAllah semster ini ana berhenti jadi naqibah di CCAC.Betul sekali bahwa menjadi naqibah adalah pengalaman yang luar biasa, banyak belajar dari sana.

    Ana U.K. (KICT IIUM)

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum, Yuni. Seneng banget ketemu sama blog ini. Saya mau tanya-tanya tentang IIUM, terutama ISTAC, homestay-nya, dll. Boleh gak minta e-mail Yuni.

    Saya ada di : rinasufyan@yahoo.com
    ID YM : rinasufyan

    Makasih banyak Yuni :)

    Wassalam

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete