Sunday, March 4, 2012

What’s Kafalah (Guarantee)?




Jika kita berbicara tentang muamalah, maka akad menjadi basis dari semua aktifitas. Landasan syariah tentang muamalah ada dalam surat Al Baqarah ayat 275 yang berbunyi bahwa Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Hampir semua akad secara alami melibatkan dua pihak.

Kafalah atau guarantee alias penjaminan adalah salah satu bentuk akad yang mengkombinasikan kewajiban seseorang dengan kewajiban orang lain. Secara formal, dalam kafalah, pihak ketiga menjadi penjamin atas pembayaran pinjaman seseorang yang berhutang.

Akad ini sebagaimana diilustrasikan dalam surat Yusuf ayat 72. Empat syarat kafalah adalah penjamin, debtor, kreditor dan objek jaminan. Dalam pembagiannya kafalah terbagi dalam kafalah bi al mal yaitu jaminan untuk mengembalikan aset seseorang dan kafalah bi al nafs yang berarti jaminan untuk membawa seseorang dalam ranah kewenangan misalnya perkara hukum.

Selama ini ada sebagian orang yang masih salah dalam memahami peran penjamin. Fungsi seorang penjamin bukanlah untuk mensupport permohonan pinjaman, akan tetapi lebih kepada faktor keamanan bagi bank. Biasanya yang menjadi objek jaminan adalah yang memiliki tingkat likuiditas tinggi sehingga apabila peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman maka objek tersebut dapat dengan mudah dijual untuk mengembalikan aset pinjaman.

Selektiflah ketika menjadi seorang guarantor. Jika tidak, alih-alih membantu orang lain, tapi malah bisa jadi kita menjadi korban. Di Malaysia, banyak orang bangkrut karena menjadi guarantor. Padahal di negara ini, status bangkrut akam memberi efek yang signifikan. Orang bangkrut di Malaysia adalah orang yang memiliki masalah keuangan dengan lembaga keuangan di Malaysia, misalnya tidak membayar pinjaman bank atau PTPTN (pinjaman untuk pelajar).

Apa saja efek bangkrut? Pertama, nama orang yang bangkrut akan diBLACKLIST sehingga tidak boleh membuat akad apapun bahkan tidak boleh bepergian ke luar negeri. Kedua, akan masuk ke dalam dua institusi yang memiliki database orang-orang bangkrut yaitu CTOS (petition of bankropt) dan CCRIS.

Bagaimana dengan bank guarantee? Bank guarantee berfungsi untuk mensupport informasi, namun bukanlah berfungsi sebagai back up, tidak ada bank yang mau menjadi penjamin bagi nasabahnya. Menjadi guarantor merupakan perbuatan yang mulia, karena menolong orang lain. Namun, orang yang menjadi guarantor biasanya tidak diperbolehkan untuk mengundurkan diri. Oleh karena itu, mari berpikir dan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum menjadi guarantor,OK?wallahu’alam. by Yuni Yulia Farikha

2 comments:

  1. assalamu'alaikum...apa kabar dek yuni?semoga masih ingat...saya,warsiyah angkatan duta2000 stemba.....kangeen!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
      saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
      jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Delete