Saturday, December 17, 2011

Gangguan Jin dan Ruqyah-Meruqyah



Dalam hadits riwayat Muslim, jin dan syaitan mengganggu manusia ketika mulai terbenam matahari sehingga hitam legamnya sore hari betul-betul hilang. Sehingga pada waktu tersebut, Rasulullah memerintahkan kita dan anak-anak untuk berada di dalam rumah, memasukkan hewan piaraan dan menutup pintu rumah. Gangguan kesurupan pernah terjadi pada masa Rasulullah. Sebagaimana sebuah riwayat hadits tentang seorang wanita yang minta didoakan oleh Rasulullah agar ketika dia sedang kesurupan, aurat dia tidak terbuka. Gangguan kesurupan bisa dilihat dari kesurupan keseluruhan, kesurupan separuh misalnya sakit di tangan, kesurupan terus menerus maupun sering kaget-kaget.

Tanda-tanda kesurupan diantaranya yang pertama adalah gemetar ketika dikumandangkan azan dan dibacakan ayat suci Al Qur’an. Jin terjahatpun yang dikenal sebagai jin Ifrid akan lari terbirit-birit apabila mendengar azan. Kedua, saat bangun selalu dibuat stress, gelisah dan ketakutan. Ketiga, sering pusing. Keempat, senang menyendiri. Kelima, mata berkedip dan lutut bergetar. Keenam, malas dan tidak mau mandi. Ketujuh, kesurupan dan kejang-kejang.

Tanda gangguan jin yang lain misalnya ketika tidur yang pertama adalah bermimpi melihat orang aneh, jelek atau orang yang sudah mati. Kedua, mimpi yang menakutkan dan membuat takut tidur. Ketiga, tertawa berlebihan, sering tertawa ketika tidur atau apabila diam akan diam sekali. Keempat, suka marah. Kelima, sering meluapkan kegembiraan secara berlebihan. Keenam, lalai yang sangat. Ketujuh, suka mengikuti hawa nafsu atau sikap buruk yang berterusan. Kedelapan, suka menyakiti orang lain.

Yang menjadi sebab kesurupan ada enam hal. Pertama, ujian dari Allah, karena apapun penyakit yang menimpa, berkurangnya rizki adalah merupakan bagian ujian dari Allah. Kedua, merupakan sanksi atau siksa atas maksiat yang kita lakukan sebagaimana dalam surat Az zukhruf ayat 36. Ketiga, karena asmara, sehingga jin mahabbah yang merupakan jin paling keras (sulit keluar) masuk ke dalam tubuh seseorang. Keempat, karena sebab balas dendam, hal ini bisa terjadi karena kita mengganggu tempat tinggal jin baik disengaja maupun tidak disengaja. Kelima, hanya iseng yang dilakukan oleh jin yang usil. Keenam, jin yang dikirim oleh tukang sihir.

Dewasa ini, kita melihat banyak sekali praktek pengobatan gangguan jin baik yang sesat maupun yang sesuai syariah. Antara praktek sihir dengan ruqyah memiliki perbedaan yang harus kita ketahui untuk menyelamatkan kita dari murka Allah. Berikut tanda-tanda pengobatan gangguan jin oleh tukang sihir maupun dukun yang mengindikasikan perbuatan syirik. Pertama, awalnya menanyakan nama pasien dan nama ibu pasien sambil komat-kamit. Kedua, meminta bekas yang dipakai oleh pasien, seperti sapu tangan, baju, kopiah, kaos dll. Ketiga, menyembelih hewan tertentu (untuk tumbal). Keempat, darah hewan dipercik-percikan. Kelima, menulis tsalatsin (isim-isim). Keenam, walaupun di awal membaca basmalah, akan tetapi setelahnya membaca mantra-mantra yang tidak jelas. Ketujuh, memberi isi/jimat kepada pasien. Kedelapan, memerintahkan pasien untuk menyendiri di ruang yang tidak terdapat sinar. Kesembilan, memberikan pasien sesuatu untuk ditanam di depan rumah. Kesepuluh, memberikan pasien kertas-kertas yang telah dibacakan mantra. Kesebelas, komat-kamit yang tidak dapat dipahami. Kedua belas, mampu menebak pribadi pasien. Ketiga belas, dibekali rajah yang ditulis di badan, punggung atau di tempat yang sakit.

Bagaimana mengobati orang yang kesurupan?
Tidak ada obat yang paling mujarab selain Al Qur’an, bukan hanya obat untuk penyakit ghaib tetapi juga untuk penyakit medis. Karena Al Qur’an adalah asy-syifa. Seseorang yang mengobati orang yang terkena gangguan jin disebut peruqyah/ ar rooqiy. Peruqyah bukanlah sebuah profesi. Menurut At Thoyar dan Abu Bas menyatakan bahwa kurang afdal apabila banyak dibuka klinik-klinik ruqyah, yang kemudian menyulut terjadinya persaingan yang tidak baik. Adapun, yang menjadi syarat peruqyah diantaranya yaitu pertama, memiliki akidah yang kuat. Kedua, Ikhlas karena Allah. Ketiga, taat kepada Allah. Keempat, selama meruqyah ditemani oleh mahram dan menutup aurat. Kelima, menjaga bersuci. Keenam, hendaknya ar rooqiy mendiagnosa sebelum meruqyah. Ketujuh, amanah dan tidak membuka aib pasien.
Sedangkan yang diruqyah, hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, meyakini bahwa manfaat dan mudharat datangnya dari Allah. Kedua, yakin bahwa Allahlah yang menyembuhkan, peruqyah hanyalah sebuah perantara. Ketiga, semakin taat kepada Allah. Dan selama diruqyah diusahakan untuk senantiasa dalam keadaan sadar dan berzikir, jangan sampai jiwa dikuasai oleh jin.

Mari kita berusaha untuk tidak meminta diruqyah. Kenapa? Terdapat sebuah hadits shahih yang mengatakan bahwa terdapat 70000 golongan umat yang akan masuk surga tanpa hisab. Salah satu yang tidak termasuk dalam golongan tersebut adalah seseorang yang meminta untuk diruqyah. Sehingga langkah yang terbaik adalah, apabila kita mengetahui terdapat gangguan jin pada kawan maupun orang-orang di sekitar kita, maka kita yang berinisiatif untuk membantu meruqyahnya.

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kesurupan) dimulai dengan menghilangkan rasa takut, pegang pasien, pegang ubun-ubun sambil membacakan Al Fatihah, ayat kursi, An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas, maupun membaca kumpulan ayat-ayat ruqyah. Ayat-ayat ruqyah berisi surat pilihan tentang ancaman bagi jin kafir seperti surat al Jin. Kita juga harus ingat bahwa sebaik-baik meruqyah adalah menjadi peruqyah bagi dirinya sendiri. Ala kulli hal, yang terpenting agar kita terlindungi dari gangguan jin dan syaitan adalah mari selalu berzikir, membaca doa dalam setiap aktifitas, zikir ma’tsurat pagi dan petang dan menghindari perbuatan-perbuatan yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan jin. Wallahu’alam bi shawab.by Yuni Yulia Farikha

Taskif FOTAR pada hari Sabtu, 7 Desember 2011 di UIA oleh ustaz Muhammad Ikbal Ismail yang berjudul Fenomena Alam Ghaib dan Jin dalam Perspektif Syariat.

1 comment:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete